Nama SMP : SMP.S.
Hidayatus Saalikin
Kabupaten :Seruyan
Propinsi :Kalimantan-Tengah
Tahun mulai masuk sebagai SBP :2006
No
|
Jenis Karakter
|
Langkah/Cara
menerapkan Karakter dimaksud dalam Proses Pembelajaran
|
Penerapan Karakter dimaksud dalam praktik di sekolah atau di
pondokpesantren/dalamkehidupan siswa sehari-hari
|
1.
|
DapatDipercaya
|
Memberikan Tugas atau PR untuk di selesaikan
|
Memberikan kepercayaan untuk menjaga kebersihan minimal tempat. Milik
pribadi mereka, juga teman-teman sekamar.
|
2.
|
Ramah
|
Membalas salam, atau menyambut guru dengan salem ketika memasuki kelas
|
Selalu memberikan salam ketika berpapasan dengan teman, guru, ataupun
orangtua
|
3.
|
PercayaDiri
|
Memberikan kesempatan pada siswa untuk memberikan feedback dalam
pembelajaran, melakukan presentasi materi pembelajaran
|
Berpakaian Rapi, bertutur bahasa baik, menjaga kebersihan diri
|
4.
|
Tekun/TidakMudahPutus Asa
|
Selalu Memberikan motivasi dalam kegiatan pembelajaran, bahwasannya
selama kita berusaha tidak ada sesuatu yang tidak bisa diselesaikan
|
Menerapkan kedisiplinan serta melatih mental peserta didik untuk selalu
mau berusaha menyelesaikan satu masalah.
Kepramukaan dan paskibra
|
5.
|
Bersahaja/Sederhana
|
Memberikan materi pembelajaran dengan mengamati sekitar, dengan kondisi
yang terdekat, bukti real lebih bisa terasa oleh peserta didik
|
Tidak berlebihan dalam berpenampilan dan sebaginya di dalam pondok
|
6.
|
RendahHati
|
Memberikan tugas yang dikerjakan secara berkelompok untuk membiasakan
peserta didik mau sharing ( berbagi)
Memberikan contoh-cotoh materi pembelajaran yang memuat kesuri tauladanan
dari tokoh2 yang berkarakter bersahaja.
|
Melatih siswa dengan pelajaran-pelajaran Tauhid dan Ahlaq.
|
7.
|
Sabar
|
Memberikan motivasi untuk mau berusaha walaupun telat menyelasikan tugas
yang dianggap sulit.
|
Mebiasakan peserta didik bangun pagi jam 3.00 pagi untuk tahajud,
tadarus, dan wirid
|
8.
|
Bisa Mengendalikan Diri/Toleransi
|
Dalam kerja kelompok dengan berbagai karakter siswa akan terlatih untuk
memahami lebih jauh siswa lainnya, dan memberikan motivasi bahwasannya
“perbedaan merupakan anugrah”
|
Sholat selalu berjama’ah. Setelah selesai sholat jum’at selalu dibiasakan
bersilaturahmi
|
9.
|
Tidakmudahterpengaruholehinformasi
yang buruk
|
Membatasi dan mengawasi media elektronik yang masuk, Memebrikan
pengertian dampak baik dan buruknya dari kemajuan IPTEK.
|
Tidak dijinkan untuk bawa HP, laptop ( tanpa ijin )
|
10.
|
Disiplin
|
Menekankan pada peserta didik untuk selalu tepat waktu, Baris berbaris
sebelum masuk kelas, dan membaca ikrar santri.
Kepramukaan dan paskibra
|
Bangun shubuh jam 3 pagi, sholat berjamaah.
|
11.
|
Jujur
|
Memberikan contoh-contoh karakter yang patut diambil kesuri tauladanannya
dalam pembelajaran, contoh-contoh dari lingkungan sosial terdekat yang bisa
pula diteladani.
|
Amanah adalah budaya santri
|
12.
|
KerjaKeras
|
Memotivasi siswa bahwasannya wajah kedepan yang akan mereka hadapi
tidaklah mudah, gak ada sesuatu yang bisa di raih dengan instant semuanya
perlu perjuangan.
|
Memberikan kegiatan-kegiatan positif seperti keterampilan pertanian.
|
13.
|
Kreatif
|
Pembelajaran keterampilan
Kepramukaan dan paskibra
|
Keterampilan
|
14.
|
Mandiri
|
Memberikan motivasi untuk tidak tergantung pada siapapun
Kepramukaan dan paskibra
|
Tinggal di pondok berusaha mengatasi masalah pribadi sendiri, misal
mencuci baju, setrika dsb.
|
15.
|
Demokratis
|
Pembelajaran berkelompok, dimana decision maker bukan terpaku pada satu
orang saja, mereka belajar untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan
bersama
Kepramukaan dan paskibra
|
Sholat berjamaah
|
16.
|
Rasa
InginTahu
|
Memberikan pelajaran yang dikaitkan dengan hal-hal up to date dan
inovatif, yang menarik perhatian siswa.
|
Mempelajari hal-hal baru
|
17.
|
Cinta
Tanah Air
|
Menyanyikan lagu lagu wajib, Memperkenalkan tokoh2 Pahlawan negeri yang
telah berjasa,
Kepramukaan dan paskibra
|
Tokoh-Tokoh ulama yang berjuang untuk negeri, bagaimana jiwa heroik
mereka dengan semangat jihad membela negeri ini, patut dijadikan contoh .
|
18.
|
MenghargaiPrestasi
|
Memberikan pengertian bawasannya ketika teman mereka mempresentasikan
satu makalah bukanlah hal mudah, dan belum tentu setiap siswa mampu, maka
perhatian dan penghargaan layak diberikan untuk mereka yang mau
berpresentasi, dan dimohon mau memperhatikan teman mereka tsb ketika sedang
berpresentasi dengan sopan.
|
Hal kecil yang merupakan karya orang lain patut diberi penghargaan, dan
tidak melecehkan dengan segala kekurangan dan kelebihannya.
|
19.
|
Bersahabat/Komunikasi
|
Seringnya membentuk kerja kelompok dan siswa berani untuk bermain peran (
ROLE PLAY ), presentasi, membuat jalinan persahabatan yang saling mengharagi
terajalin lebih erat lagi.
Kepramukaan dan paskibra
|
Sholat berjama’ah adalah didikan dasar untuk bersahabat dan menerapkan
bahwasannya umat Islam itu “Ikhwan”
|
20.
|
Cinta Damai
|
Memberikan contoh2 pembelajaran bagaimana efect dari sebuah kejadian yang
mengusung egois, keserakahan dsb dalam kehidupan
|
Penerapan disiplin di sekolah/pondok, salah satu ikrar santi adalah
“Sayang Kawan Dan Tak Punya Lawan”
|
21.
|
Gemar Membaca
|
Dalam Proses Observatory siswa diminta mencari/mengumpulkan data salah
satunya dengan mengunjungi Perpus, mencari materi di Surat Kabar, Internet,
dan sumber2 lain yang relevan dengan materi pembelajaran.
|
Tadarus setiap Pagi, kajian hadist dsb.
|
22.
|
Peduli Lingkungan
|
Menyertakan contoh – contoh akan dampak satu perbuatan terhadap
lingkungan, misal meminta siswa menceritakan ( Narrative Text ) tentang
bahaya asap di Kalimantan
Kepramukaan dan paskibra
|
“Bersih itu sebagaian dari Iman” motto tsb ditanamkan betul dalam diri
santri/siswa.
|
23
|
Peduli Sosial
|
Dengan memberikan kesempatan untuk mengamati lingkungan sosial terdekat
akan timbul rasa pedui dari siswa/santri ketika menyaksikan berbagai
kesenjangan-kesenjangan.
Kepramukaan dan paskibra
|
Bakti sosial, Donor Darah , Kerja Bakti
|
24.
|
Tanggung Jawab
|
Menyelesaikan tugas pembelajaran
Kepramukaan dan paskibra
|
Membiasakan santri menjaga keamanan, ketertiban, kebersihan pondok,
menanamkan rasa meiliki dalam jiwa siswa/santri.
|
25.
|
Menghargai Waktu
|
Menerapkan, menanamkan pengertian akan pentingnya belajar, menuntut ilmu
ketika kesempatan tersebut datang didalam usia peserta didik, dan tidak semua
orang berkesempatan mendapatkannya.
|
Disiplin akan waktu sholat, dan pelajaran-pelajaran umum.
Waktu masuk kelas tidak boleh telat.
Membiasakan bangun pagi untuk belajar menghargai dan menggunakan waktu.
|
0 komentar:
Posting Komentar