RKKS - SMP.S. HIDAYATUS SAALIKIN


RKKS ( RENCANA KERJA KEPALA SEKOLAH ), Merupakan salah satu instrument Perangkat Pemebelajaran dimana dengan adanya RKKS ini maka Kepala Sekolah memiliki tujuan dan Perencanaan dalam kurun waktu tertentu pada program-program yang dicanangkan oleh Kepala Sekolah.

Berikut RKKS - SMP.S. Hidayatus Saalikin

BAB  I 
PENDAHULUAN

A.     SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SMP.S. HIDAYATUS SAALIKIN
SMP.S Hidayatus Saalikin merupakan bagian dari pengembangan Pondok Pesantren Hidayatus Saalikin Yang didirikan oleh KH. Ahmad Fauzi pada tahun 2004 dengan NOMOR STATISTIK PONTREN PADA KANDEPAG : 510062070005 dan beralamat di: JALAN BAKRI ENTONG (SIMPANG TIGA) PEMBUANG HULU KEC.HANAU KAB.SERUYAN PROV.KALIMANTAN TENGAH, dan berada di bawah naungan YAYASAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL “HIDAYATUS SAALIKIN.

Mengingat pentingnya mutu santri disamping memiliki ahlaq yang berkarimah namun juga diharap mempunyai wawasan yang luas dalam bidang keilmuan umum, science juga tehnology maka didirikan pulalah Sekolah Menengah Swasta Hidayatus Saalikin pada tahun 2006 dengan NOMOR STATISTIK SEKOLAH : 202140903005 dan NPSN   : 30203834 , disamping untuk wadah santri menuntut bidang keilmuan umum, sekolah ini didirikan pula dalam upaya menyediakan pendidikan bagi masyarakat di sekitar Desa Pembuanghulu khususnya dan kecamatan Hanau umumnya.
.
Tahun demi tahun SMP.S. Hidayatus Saalikin selalu mengalami perkembangan/ kemajuan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas . Dari segi kualitas bias diukur dari status akreditasi sekolah yang meningkat terus (terakhir status terakreditasi dengan nilai C), prestasi akademik maupun non akademik dari siswa-siswinya, serta fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah, dan lain sebagainya.
Dalam kiprahnya di dunia pendidikan, mulai dari sejak berdirinya sampai dengan saat ini SMP.S. Hidayatus Saalikin telah berhasil mengukir banyak prestasi terutama pada lingkup Desa danKecamatan serta kabupaten, baik prestasi akademik maupun non akademik.
Dengan semakin majunya sekolah pada khususnya dan majunya dunia pendidikan pada umumnya, menyusun perencanaan/program sekolah untuk jangka waktu yang akan datang merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, untuk hal tersebut sekolah mencoba menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) untuk jangka menengah, dengan harapan kegiatan-kegiatan rutin sekolah dan kegiatan-kegiatan pengembangan sekolah dapat lebih terprogram dan jelas arah tujuannya . Sejak awal didirikan hingga saat ini SMP.S. Hidayatus saalikin dikepalai oleh :

     1.      Khurotin,S.Pd.I. 2006 - Sekarang

Sesuai dengan peraturan yang ada bahwa menyusun perencanaan/program sekolah untuk jangka waktu yang akan datang merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, untuk hal tersebut Sekolah mencoba menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) yang salah satunya diimplentasikan dalam Program/Rencana Kerja Kepala Sekolah (RKKS) untuk jangka satu tahun ke depan, dengan harapan kegiatan-kegiatan rutin sekolah dan kegiatan-kegiatan pengembangan sekolah dapat lebih terprogram dan jelas arah tujuannya.

B.     TUJUAN DAN MANFAAT RKKS

             Tujuan utama penyusunan RKKS adalah agar kepala sekolah  dapat mengetahui secara rinci tindakan-tindakan yang harus dilakukan agar tujuan, kewajiban, dan sasaran pengembangan sekolah/madrasah dapat dicapai.
             Penyusunan RKKS ini merupakan suatu hal yang sangat penting, karena RKKS dapat digunakan sebagai:
1.1.   Pedoman kerja (kerangka acuan) kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah/madrasah;
1.2.   Dasar untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan sekolah/madrasah;
1.3.   Bahan acuan untuk mengidentifikasi dan mengajukan sumber daya pendidikan yang diperlukan untuk pengembangan sekolah/madrasah.


C.     LANDASAN HUKUM
1.      Undang-undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 8 dan 48;
2.      Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan dalam Pasal 49 dan 53;
3.      Permendiknas No. 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dalam Angka 4a poin 1 dan 2;
4.      Permendiknas No. 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Garuda (K13) Lampiran 1;
5.      Kepmendiknas 129a Tahun 2004 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan dalam 3.1.





BAB  II
VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH


A.     VISI SEKOLAH

Visi Sekolah adalah imajinasi moral yang dijadikan dasar atau rujukan dalam menentukan tujuan atau keadaan masa depan sekolah yang secara khusus diharapkan oleh Sekolah. Visi Sekolah merupakan turunan dari Visi Pendidikan Nasional, yang dijadikan dasar atau rujukan untuk merumuskan Misi, Tujuan sasaran untuk pengembangan sekolah dimasa depan yang diimpikan dan terus terjaga kelangsungan hidup dan perkembangannya. Adapun visi SMP.S. Hidayatus Saalikin :  “mencetak generasi Islam yang bertaqwa kepada Allah dan berwawasan agama yang luas, berakhlaqul karimah dan bisa berdakwah dimanapun berada “:
Indikator  :
1)     Melahirkan generasi-generasi Islam yang berahlaqul Karimah dan berwawasan luas dengan skill dan kemampuan yang kompetetif, serta bisa beramar ma’ruf dan nahi munkar dimanapun mereka berada
2)      Aktifitas dan kreatifitas seluruh komponen sekolah terutama para siswa yang optimal kepada
2)    Pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan siswa supaya mereka memiliki prestasi yang dapat dibanggakan secara optimal.
3)     Pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga kecerdasan siswa terus diasah agar terciptanya kecerdasan intelektual dan emosional yang mantap.
4)     Antusias terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
5)     Cinta kebersihan dan keindahan semua komponen sekolah.
6)     Penghayatan yang dalam dan pengalaman yang tinggi terhadap ajaran agama (Religi) sehingga tercipta kematangan dalam berpikir dan bertindak.

B.     MISI SEKOLAH
Menyelenggarakan pendidikan secara profesional, inovatif dan selalu berupaya meningkatkan pelayanan dan kepuasan stake holder. Untuk mewujudkan misi yang telah dirumuskan maka langkah-langkah nyata yang harus dilakukan oleh sekolah adalah :
1)      Mencetak generasi Islam yang bertaqwa pada Allah Subhanahu Wata’ala, berwawasan agama, berahlakul Karimah, serta bisa berda’wah dimanapun berada.
2)      Mencetak generasi mandiri, yang tidak ketergantungan, bisa bersosialisasi, peduli pada diri dan sesama, patuh dan ta’at pada orang tua dan guru.
3)      Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki peserta didik.
4)      Mengembangkan budaya kompetitif bagi peserta didik dalam upaya meningkatkan prestasi.
5)      Mengembangkan pribadi yang cinta tanah air.
6)      Menumbuh kembangkan penghayatan dan pengamalan terhadap agama yang dianut untuk membentuk budi pekerti yang baik.
7)      Menciptakan suasana yang kondusif untuk mengefektifkan seluruh kegiatan sekolah.
8)      Mengutamakan kerjasama dalam menyelesaikan tugas kependidikan dan keguruan.
9)      Melestarikan dan mengembangkan olah raga, seni dan budaya.
10)  Mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mencetak peserta didik yang berwawasan global.
11)  Mendorong aktifitas dan kreatifitas secara optimal kepada seluruh komponen sekolah terutama para siswa
12)  Mengoptimalkan pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan siswa supaya mereka memiliki prestasi yang dapat dibanggakan.
13)  Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga kecerdasan siswa terus diasah agar terciptanya kecerdasan intelektual dan emosional yang mantap.
14)  Antusias terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan  dan teknologi.
15)  Menanamkan cinta kebersihan dan keindahan kepada semua komponen sekolah.
16)  Mewujudkan nilai-nilai solidaritas bagi kehidupan warga sekolah
17)  Meningkatkan tanggung jawab, kejujuran, percaya diri dan semangat untuk berkompetisi pada warga sekolah
18)  Mendorong aktivitas dan kreativitas secara optimal kepada seluruh komponen sekolah terutama para siswa
19)  Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga kecerdasan siswa terus diasah agar terciptanya kecerdasan intelektual dan emosional yang mantap.
20)  Menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM),  tanpa takut salah, dan demokratis.
  

C.      TUJUAN SEKOLAH
Berdasarkan Visi dan Misi yang telah dirumuskan dalam kurun waktu 4 tahun kedepan, tujuan yang diharapkan tercapai oleh sekolah pada tahun 2014/2015 adalah  :
1)     Perolehan Nilai Ujian Nasional rata-rata naik setiap tahunnya.
2)     Memiliki kegiatan ekstra kurikuler yang maju dan berprestasi di segala bidang secara berjenjang.
3)     Terwujudnya disiplin yang tinggi dari seluruh warga sekolah.
4)     Terciptanya suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM),  tanpa takut salah, dan demokratis.
5)     Terwujudnya suasana pergaulan sehari-hari yang berlandaskan kekeluargaan, keimanan dan ketaqwaan.
6)     Terwujudnya manajemen sekolah yang transparan dan partisipatif, melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait.
7)     Terciptanya budaya gemar membaca, rasa ingin tahu, bertoleransi, demokratis, bekerjasama, saling menghargai, disiplin, jujur, kerja keras, kreatif, dan mandiri.
8)     Terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, indah, asri, aman dan nyaman.








BAB III
PROGRAM KERJA SEKOLAH


A.     SASARAN
Sasaran adalah tantangan utama yang akan dicapai sekolah/madrasah dalam waktu 4 tahun ke depan dan telah disesuaikan dengan faktor kesiapan sekolah/madrasah. Penetapan sasaran sekolah ini bertujuan untuk dijadikan panduan dalam menyusun program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu tertentu guna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan.
Berikut ini kami uraikan sasaran program kerja sekolah per-kategori:
1.      Kurikulum dan Pembelajaran
a.       Tersedianya dokumen kurikulum seluruh mata pelajaran
b.      Guru paham tentang kurikulum
c.       Guru mampu membuat silabus sekolah sesuai standar isi
d.      Guru paham dan mampu membuat Penelitian Tindakan Kelas
e.       Meningkatnya minat baca dan pengetahuan guru
f.        Meningkatnya minat baca siswa
g.       Perpustakaan yang representatif
h.      Guru paham tentang kecakapan hidup
2.      Administrasi dan Manajemen Sekolah
a.       Peraturan sekolah tersedia dan terlaksana dengan baik
b.      Semua guru PNS mengikuti sertifikasi
c.       Semua guru PNS lolos sertifikasi
3.      Organisasi dan kelembagaan
a.       Peraturan khusus sekolah tersedia dan terlaksana dengan baik
b.      Guru dan karyawan mampu membuat program kerja
4.      Sarana dan Prasarana
a.       Tersedianya ruang kelas belajar (RKB) yang mamadai
b.      Tersedianya ruang laboratorium Bahasa yang mamadai
c.       Sarana dan prasarana Perpustakaan dan komputer yang lengkap
d.      Tersedianya fasilitas ruang yang baik dan lengkap
e.       Sarana dan prasarana laboratorium IPA dan komputer yang lengkap
f.        Kebutuhan komputer dan printer terpenuhi
g.       Tersedianya ruang UKS
h.      Penyediaan air bersih
i.    Buku-buku pembelajaran yang lengkap
j.    Media informasi cetak dan elektronik untuk memudahkan jaringan informasi
5.      Ketenagaan
a.       Tersedianya program kehumasan
b.      Guru paham tentang pola kerjasama dalam peningkatan mutu pembelajaran
c.       Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung (tenaga administrasi)
6.      Pembiayaan dan pendanaan
a.       Peningkatan pembiayaan sekolah untuk meningkatkan kualitas pelayanan sekolah
b.      Meningkatnya prestasi siswa dan sekolah
c.       Terjalinnya kerjasama dengan stakeholder
d.      Tersusunnya RKAS  tepat waktu
e.       Adanya peningkatan honorarium Tenaga Honorer Sekolah
7.      Peserta Didik
a.       Penerimaan Siswa Baru
b.      Pelaksanaaan Kegiatan Eskstrakurikuler
8.      Peran serta Masyarakat
a.       Keterlibatan komite sekolah kembali aktif sesuai dengan fungsinya
b.      Hubungan sekolah dengan komite sekolah lebih baik
c.       Terjalinnya kerja sama dengan lembaga masyarakat
9.      Lingkungan dan Budaya Sekolah
a.       Pemagaran sekolah
b.      Pembuatan taman sekolah
c.       Menanamkan kesadaran perlunya partisipasi masyarakat dan stakeholder sekolah untuk terciptanya lingkungan yang aman.

Download

0 komentar:

Posting Komentar

PENERIMAAN SISWA BARU

Yayasan Pendidikan Dan Sosial Pondok Pesantren Menerima Pendaftaran Siswa Baru Mulai Pertengahan Mei 2016, Untuk Tahun Ajaran 2016-2017 Jenjang Pendidikan : SMP Berbasis Pesantren Hidayatus Saalikin, Madrasah Aliyah Juga Umum ( SMK-SMA) Dengan ketentuan mentaati dan patuh pada tata tertib Pondok Pesantren...... BACA SELENGKAPNYA