BAB I
PENDAHULUAN
A.
SEJARAH SINGKAT
BERDIRINYA SMP.S. HIDAYATUS SAALIKIN
SMP.S
Hidayatus Saalikin merupakan bagian dari pengembangan Pondok Pesantren Hidayatus Saalikin Yang didirikan oleh KH.
Ahmad Fauzi pada tahun 2004 dengan NOMOR STATISTIK PONTREN PADA KANDEPAG :
510062070005 dan beralamat di: JALAN BAKRI ENTONG (SIMPANG TIGA) PEMBUANG HULU KEC.HANAU KAB.SERUYAN PROV.KALIMANTAN TENGAH, dan
berada di bawah naungan YAYASAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL “HIDAYATUS SAALIKIN.
Mengingat
pentingnya mutu santri disamping memiliki ahlaq yang berkarimah namun juga
diharap mempunyai wawasan yang luas dalam bidang keilmuan umum, science juga
tehnology maka didirikan pulalah Sekolah Menengah Swasta Hidayatus Saalikin
pada tahun 2006 dengan NOMOR STATISTIK SEKOLAH : 202140903005 dan NPSN : 30203834 , disamping untuk wadah santri
menuntut bidang keilmuan umum, sekolah ini didirikan pula dalam upaya menyediakan
pendidikan bagi masyarakat di sekitar Desa Pembuanghulu khususnya dan kecamatan Hanau umumnya.
.
Tahun
demi tahun SMP.S. Hidayatus Saalikin selalu mengalami perkembangan/ kemajuan,
baik dari segi kualitas maupun kuantitas . Dari segi kualitas bias diukur dari
status akreditasi sekolah yang meningkat terus (terakhir status terakreditasi
dengan nilai C), prestasi akademik maupun non akademik dari siswa-siswinya,
serta fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah, dan lain
sebagainya.
Dalam
kiprahnya di dunia pendidikan, mulai dari sejak berdirinya sampai dengan saat
ini SMP.S. Hidayatus Saalikin telah berhasil mengukir banyak prestasi terutama
pada lingkup Desa danKecamatan serta kabupaten, baik prestasi akademik maupun
non akademik.
Dengan
semakin majunya sekolah pada khususnya dan majunya dunia pendidikan pada
umumnya, menyusun perencanaan/program sekolah untuk jangka waktu yang akan
datang merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, untuk hal
tersebut sekolah mencoba menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) untuk jangka
menengah, dengan harapan kegiatan-kegiatan rutin sekolah dan kegiatan-kegiatan
pengembangan sekolah dapat lebih terprogram dan jelas arah tujuannya . Sejak
awal didirikan hingga saat ini SMP.S. Hidayatus saalikin dikepalai oleh :
1.
Khurotin,S.Pd.I. 2006 - Sekarang
Sesuai
dengan peraturan yang ada bahwa menyusun perencanaan/program sekolah untuk
jangka waktu yang akan datang merupakan suatu keharusan yang tidak bisa
ditawar-tawar lagi, untuk hal tersebut Sekolah mencoba menyusun Rencana Kerja
Jangka Menengah (RKJM) yang salah satunya diimplentasikan dalam Program/Rencana
Kerja Kepala Sekolah (RKKS) untuk jangka satu tahun ke depan, dengan harapan
kegiatan-kegiatan rutin sekolah dan kegiatan-kegiatan pengembangan sekolah
dapat lebih terprogram dan jelas arah tujuannya.
B.
TUJUAN DAN
MANFAAT RKKS
Tujuan utama penyusunan RKKS adalah agar kepala
sekolah dapat mengetahui secara rinci
tindakan-tindakan yang harus dilakukan agar tujuan, kewajiban, dan sasaran
pengembangan sekolah/madrasah dapat dicapai.
Penyusunan
RKKS ini merupakan suatu hal yang sangat penting, karena RKKS dapat digunakan
sebagai:
1.1. Pedoman kerja
(kerangka acuan) kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah/madrasah;
1.2. Dasar untuk
melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan sekolah/madrasah;
1.3. Bahan acuan untuk
mengidentifikasi dan mengajukan sumber daya pendidikan yang diperlukan untuk
pengembangan sekolah/madrasah.
C. LANDASAN
HUKUM
1. Undang-undang No. 20 tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 8 dan 48;
2. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun
2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan dalam Pasal 49 dan 53;
3. Permendiknas No. 19 Tahun 2007
Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dalam Angka 4a poin 1 dan 2;
4. Permendiknas No. 81A Tahun 2013
Tentang Implementasi Kurikulum Garuda (K13) Lampiran 1;
5. Kepmendiknas 129a Tahun 2004 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang
Pendidikan dalam 3.1.
BAB II
VISI, MISI DAN
TUJUAN SEKOLAH
A. VISI SEKOLAH
Visi Sekolah
adalah imajinasi moral yang dijadikan dasar atau rujukan dalam menentukan
tujuan atau keadaan masa depan sekolah yang secara khusus diharapkan oleh
Sekolah. Visi Sekolah merupakan turunan dari Visi Pendidikan Nasional, yang
dijadikan dasar atau rujukan untuk merumuskan Misi, Tujuan sasaran untuk
pengembangan sekolah dimasa depan yang diimpikan dan terus terjaga kelangsungan
hidup dan perkembangannya. Adapun visi SMP.S. Hidayatus Saalikin : “mencetak generasi Islam yang bertaqwa
kepada Allah dan berwawasan agama yang luas,
berakhlaqul karimah dan bisa berdakwah dimanapun berada “:
Indikator :
1) Melahirkan
generasi-generasi Islam yang berahlaqul Karimah dan berwawasan luas dengan
skill dan kemampuan yang kompetetif, serta bisa beramar ma’ruf dan nahi munkar
dimanapun mereka berada
2)
Aktifitas dan kreatifitas seluruh komponen sekolah terutama para siswa yang
optimal kepada
2) Pembelajaran dalam rangka
meningkatkan keterampilan siswa supaya mereka memiliki prestasi yang dapat
dibanggakan secara optimal.
3) Pembelajaran dan bimbingan
secara efektif sehingga kecerdasan siswa terus diasah agar terciptanya
kecerdasan intelektual dan emosional yang mantap.
4) Antusias terhadap
perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
5) Cinta kebersihan dan
keindahan semua komponen sekolah.
6) Penghayatan yang dalam dan
pengalaman yang tinggi terhadap ajaran agama (Religi) sehingga tercipta
kematangan dalam berpikir dan bertindak.
B. MISI SEKOLAH
Menyelenggarakan
pendidikan secara profesional, inovatif dan selalu berupaya meningkatkan
pelayanan dan kepuasan stake holder.
Untuk mewujudkan misi yang telah dirumuskan maka langkah-langkah nyata yang
harus dilakukan oleh sekolah adalah :
1) Mencetak generasi Islam
yang bertaqwa pada Allah Subhanahu Wata’ala, berwawasan agama, berahlakul
Karimah, serta bisa berda’wah dimanapun berada.
2) Mencetak generasi mandiri,
yang tidak ketergantungan, bisa bersosialisasi, peduli pada diri dan sesama,
patuh dan ta’at pada orang tua dan guru.
3) Melaksanakan pembelajaran
dan bimbingan secara efektif untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki peserta
didik.
4) Mengembangkan budaya
kompetitif bagi peserta didik dalam upaya meningkatkan prestasi.
5) Mengembangkan pribadi yang
cinta tanah air.
6) Menumbuh kembangkan penghayatan
dan pengamalan terhadap agama yang dianut untuk membentuk budi pekerti yang
baik.
7) Menciptakan suasana yang
kondusif untuk mengefektifkan seluruh kegiatan sekolah.
8) Mengutamakan kerjasama
dalam menyelesaikan tugas kependidikan dan keguruan.
9) Melestarikan dan
mengembangkan olah raga, seni dan budaya.
10) Mengembangkan pembelajaran
dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mencetak peserta
didik yang berwawasan global.
11) Mendorong aktifitas dan
kreatifitas secara optimal kepada seluruh komponen sekolah terutama para siswa
12) Mengoptimalkan
pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan siswa supaya mereka
memiliki prestasi yang dapat dibanggakan.
13) Melaksanakan pembelajaran
dan bimbingan secara efektif sehingga kecerdasan siswa terus diasah agar
terciptanya kecerdasan intelektual dan emosional yang mantap.
14) Antusias terhadap
perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan
dan teknologi.
15) Menanamkan cinta
kebersihan dan keindahan kepada semua komponen sekolah.
16) Mewujudkan nilai-nilai
solidaritas bagi kehidupan warga sekolah
17) Meningkatkan tanggung
jawab, kejujuran, percaya diri dan semangat untuk berkompetisi pada warga
sekolah
18) Mendorong aktivitas dan
kreativitas secara optimal kepada seluruh komponen sekolah terutama para siswa
19) Melaksanakan pembelajaran
dan bimbingan secara efektif sehingga kecerdasan siswa terus diasah agar
terciptanya kecerdasan intelektual dan emosional yang mantap.
20) Menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif,
kreatif, efektif, dan menyenangkan
(PAIKEM), tanpa takut
salah, dan demokratis.
C. TUJUAN SEKOLAH
Berdasarkan Visi dan Misi yang telah dirumuskan dalam kurun waktu 4 tahun
kedepan, tujuan yang diharapkan tercapai oleh sekolah pada tahun 2014/2015
adalah :
1) Perolehan
Nilai Ujian Nasional rata-rata naik setiap tahunnya.
2) Memiliki
kegiatan ekstra kurikuler yang maju dan berprestasi di segala bidang secara
berjenjang.
3) Terwujudnya
disiplin yang tinggi dari seluruh warga sekolah.
4) Terciptanya
suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
(PAIKEM), tanpa takut salah, dan
demokratis.
5) Terwujudnya
suasana pergaulan sehari-hari yang berlandaskan kekeluargaan, keimanan dan
ketaqwaan.
6) Terwujudnya
manajemen sekolah yang transparan dan partisipatif, melibatkan seluruh warga
sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait.
7) Terciptanya
budaya gemar membaca, rasa ingin tahu, bertoleransi, demokratis, bekerjasama,
saling menghargai, disiplin, jujur, kerja keras, kreatif, dan mandiri.
8) Terwujudnya
lingkungan sekolah yang bersih, indah, asri, aman dan nyaman.
BAB III
PROGRAM KERJA
SEKOLAH
A. SASARAN
Sasaran
adalah tantangan utama yang akan dicapai sekolah/madrasah dalam waktu 4 tahun
ke depan dan telah disesuaikan dengan faktor kesiapan sekolah/madrasah.
Penetapan sasaran sekolah ini bertujuan untuk dijadikan panduan dalam menyusun
program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu tertentu guna
merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan.
Berikut
ini kami uraikan sasaran program kerja sekolah per-kategori:
1. Kurikulum dan Pembelajaran
a. Tersedianya
dokumen kurikulum seluruh mata pelajaran
b. Guru paham tentang kurikulum
c. Guru mampu
membuat silabus sekolah sesuai standar isi
d. Guru paham dan mampu membuat
Penelitian Tindakan Kelas
e. Meningkatnya
minat baca dan pengetahuan guru
f. Meningkatnya
minat baca siswa
g. Perpustakaan yang
representatif
h. Guru paham tentang kecakapan hidup
2. Administrasi dan Manajemen Sekolah
a. Peraturan sekolah
tersedia dan terlaksana dengan baik
b. Semua guru PNS mengikuti sertifikasi
c. Semua guru PNS
lolos sertifikasi
3. Organisasi
dan kelembagaan
a. Peraturan khusus
sekolah tersedia dan terlaksana dengan baik
b. Guru dan karyawan mampu membuat
program kerja
4. Sarana dan Prasarana
a. Tersedianya ruang
kelas belajar (RKB) yang mamadai
b. Tersedianya ruang laboratorium
Bahasa yang mamadai
c. Sarana dan prasarana
Perpustakaan dan komputer yang lengkap
d. Tersedianya fasilitas ruang yang
baik dan lengkap
e. Sarana dan
prasarana laboratorium IPA dan komputer yang lengkap
f. Kebutuhan
komputer dan printer terpenuhi
g. Tersedianya ruang UKS
h. Penyediaan air bersih
i. Buku-buku pembelajaran yang
lengkap
j. Media informasi cetak dan
elektronik untuk memudahkan jaringan informasi
5. Ketenagaan
a. Tersedianya
program kehumasan
b. Guru paham tentang pola kerjasama dalam
peningkatan mutu pembelajaran
c. Terpenuhinya
kebutuhan tenaga pendukung (tenaga administrasi)
6. Pembiayaan dan pendanaan
a. Peningkatan
pembiayaan sekolah untuk meningkatkan kualitas pelayanan sekolah
b. Meningkatnya prestasi siswa dan
sekolah
c. Terjalinnya
kerjasama dengan stakeholder
d. Tersusunnya RKAS tepat waktu
e. Adanya
peningkatan honorarium Tenaga Honorer Sekolah
7. Peserta Didik
a. Penerimaan Siswa
Baru
b. Pelaksanaaan Kegiatan Eskstrakurikuler
8. Peran serta Masyarakat
a. Keterlibatan
komite sekolah kembali aktif sesuai dengan fungsinya
b. Hubungan sekolah dengan komite
sekolah lebih baik
c. Terjalinnya kerja
sama dengan lembaga masyarakat
9. Lingkungan
dan Budaya Sekolah
a. Pemagaran sekolah
b. Pembuatan taman sekolah
c. Menanamkan
kesadaran perlunya partisipasi masyarakat dan stakeholder sekolah untuk terciptanya lingkungan yang aman.
0 komentar:
Posting Komentar